Cara memperbaiki motherboard/ mainboard computer yang mati nyala

Hallo jaka friends, pernah gak si kalian ditengah malam yang sedang asyik-asyiknya berkutat dengan computer lalu seketika layar monitor kalian mati dan pc yang tadinya menyala kian lama semakin meredup.
Seketika Semua hening dan gelap…
Apa yang telah terjadi? KENAPA BISA BEGINI??? Oke tenang, ini gejala yang sering terjadi bagi computer yang sudah lama tak di bersihkan.


jasa perbaikan komputer,jasa perbaikan komputer jakarta,jasa service laptop terdekat,jasa perbaikan komputer laptop,jasa perbaikan laptop,jasa service laptop,jasa perbaikan komputer di jakarta


Selamat datang di blog jaringankantor.com ditulisan kita kali ini, kita akan membagikan cara mengatasi motherboard computer yang kondisinya mati nyala mati nyala…..terussss gada abisnya.
Jika kejadian ini menimpa jaka friends jangan terlalu cepat panik, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek tegangan volt listrik yang mengalir di rumah dengan cara memindahkan pc ke colokan lain yang letaknya berbeda dari sebelumnya, hal ini guna menegaskan apakah kondisi listrik di rumah kalian stabil atau tidak, mengingat kondisi listrik di Indonesia masih belum sepenuhnya stabil.
Jika pc masih tetap mati nyala, silahkan cabut colokan listrik dan bersiaplah untuk membongkar pc kalian hehehe.
Cabut  semua hal yang terkait dengan listrik dan bukalah penutup casing dengan obeng yang sesuai, langkah ini masih terbilang cukup mudah, kalian hanya tinggal memutar scrub baut untuk melepaskan ikatan yang mengikat penutup casing pada pc.
Langkah berikutnya, jangan ragu untuk membersikan computer kalian! bersihkan noda debu yang tampak pada bagian part computer menggunakan tisu atau pembersih lainnya yang bersifat kering, jangan langsung mencopot part pada pc, karna bisa jadi ini hanyalah permasalahan yang ringan.
Setelah kegiatan bersih-bersih dilakukan, langsung saja colokan power computer pada sumber listrik tanpa menutup casing computer terlebih dahulu, Dan jika permasalahan belum bisa teratasi kalian harus bersiap dan focus untuk membaca arahan dari kita, karena kita mempunyai beberapa trik jitu untuk mengatasi permasalahan computer seperti itu.

Tapi, jika kalian belum pernah membuka atau mencopot part yang dirangkai dalam computer, saya sarankan untuk tidak membongkarnya sendiri!, panggil IT services kepercayaan anda atau paling tidak  didampingi oleh orang yang lebih mengerti.

Jika anda tidak memiliki orang yang ahli dibidang IT & Computer kami menyediakan jasa konsultasi pemasangan computer baik penggunaan di kantor maupun rumahan. Jika anda tertarik dapat menghubungi nomer admin jaringankantor.com 08111114677.
Maap ya jadi promosi hehehe, oke langsung saja ikuti TIGA langkah jitu yang akan memperbaiki computer kalian yang sedang dilanda kerusakan.
1. Ganti power supply

Wait kenapa harus ganti power supply? Kan yang rusak motherboadnya bang??? Ya emang si yang rusak motherboardnya tapikan motherboard di support sama power supply jadi seluruh kegiatan yang kalian jalankan selama menggunakan computer itu semua didukung oleh power supply, yang tugas utamanya adalah mengubah aliran listrik dirumah yang memiliki tegangan AC ke DC dan akhirnya masuk ke computer kalian.

Oke bang saya paham. Tapi saya Cuma punya satu power supply gimana dong? Tenang sob coba aja lepasin kabel-kabel yang mensupply listrik ke komponen computer seperti motherboard,processor, dan VGA. Setelah dicabut ketiganya pastikan setiap port bersih dari kotoran dan debu, lalu pasang seperti semula, jika kondisi masih tetap mati-nyala kita anggap power supply kalian normal-normal saja, sebenernya lebih enak kalo kalian punya power supply lebih dari satu, tapi yasudahlah kita lanjutkan ke step berikutnya.

2. Eksekusi RAM

Kita asumsikan kalian sudah tau apa itu RAM, nah silahkan kalian copot kepingan RAM pada motherboard dan siapkan sebuah karet Penghapus, lalu gosok secara perlahan kepingan kuning yang berada diujung RAM, kenapa harus di gosok pake penghapus?  Biasanya sih admin pake itu karna murah dan mudah didapatkan selain itu alat ini juga efectif untuk membersihkan kotoran atau karat Lho.
Sudah selesai membersihkan port kuning pada RAM? maka langsung saja tancap kembali ke motherboardnya, jika kalian mempunyai dua kepingan RAM tancapkan satu saja ya untuk percobaan.
Biasanya langkah kedua ini cukup effectif untuk menjalankan motherboard secara normal kembali, tapi tergantung model motherboard juga sih, karna ada beberapa motherboard yang tidak perlu menggunakan RAM tapi bisa masuk ke proses booting.
Gimana, apa berhasil? Belom bang Hiksss.


3. Bongkar processor

Cara ini tergolong cukup rumit untuk pemula yang belum pernah sama sekali membongkar pc nya, tapi kalian itukan cerdas jadi mari kita anggap kalian sudah mengerti bagaimana melakukan nya.

Oke step one, copot semua aliran listrik power supply guna mencegah konseleting listrik atau hal lain yang membahaykan kalian ya sob, lalu copot FAN processor dan check thermal paste yang menempel antara processor dengan FAN, jika sudah kering maka inilah penyebabnya.
Emang kenapa bang kalo kering? Biasanya kalo processor yang termal paste nya sudah mongering dapat menyebabkan effect over heating (panas berlebih) sehingga motherboard yang seharusnya menyala dengan normal akan otomatis restart, karena fungsi dari thermal paste adalah membantu FAN untuk mendinginkan processor agar tidak mencapai panas yang berlebih.
Cara mengatasinya mudah, hanya tinggal membeli thermal paste di toko pelaratan computer atau beli di toko online lalu ganti ulang, untuk tutorial memasang thermal paste akan ditulis pada tutorial berikutnya ya, harganya murah kok paling Cuma 15.000-25.000.

Ahh kelamaan bang kalo beli dulu mah! Oke kalo kalian nekat dan mau cepet betul, silahkan gunakan odol (pasta gigi) di rumah kalian, tapi saya tetap menyarankan kalian untuk membeli thermal paste aslinya, sebab pasta gigi hanya akan membantu mendinginkan sementara.

Kesimpulan
Permasalahan motherboard mati-nyala itu sudah sering terjadi, so kalian jangan terlalu cepat menyimpulkan kalo computer kalian rusak total, silahkan baca kembali tutorial singkat yang telah admin tulis diatas, saya doakan pc kalian betul kembali dan dapat digunakan seperti semula.
Jika kalian ingin bertanya pada kasus yang berbeda langsung saja tulis di kolom komentar, innsyaallah akan admin balas dan tanggapi.
Oke, salam jaringan kantor.