Cara Setting Router Internet ( Part 2 )

Setelah pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang cara setting Router, selanjutnya pada artikel ini pula Kami masih membahas tentang cara setting router internet
Berikut langkah- langkah cara memasang / setting Router Wi-fi
1. Perbarui / ganti alamat MAC router
Ada beberapa penyedia Provider seperti contohnya firstmedia mengidentifikasi pelanggan mereka dengan alamat MAC Address. Jika ada hal seperti ini Kita dapat memperbarui alamat MAC router melalui menu admin router dan masuk ke menu internet setup. Untuk panduan lebih lanjut kita bisa melihat buku panduan pada manual book router kita masing-masing.
jasa pasang wifi, jasa pasang wifi tembak, jasa pasang wifi kuningan, jasa instalasi wifi hotspot, jasa instalasi wireless, jasa instalasi wifi, jasa instalasi wireless point to point jakarta, jasa instalasi wireless point to point,

2. Usahakan untuk mengubah nama jaringan ( SSID )
Pada umumnya, router baru biasanya menggunakan nama default dari setelan pabrik ketika router belum kita setting. Demi keamanan ketika kita menggunakan wifi, kita bisa mengganti nama SSID tersebut, biasanya ada di menu wireless  pada router. Setelah berhasil mengganti  SSID nya kita coba verifikasi sambungan jaringan lokal antara laptop/ komputer dari router dengan menggunakan kabel LAN atau Wi-fi. Pastikan jika laptop/ komputer mendapatkan alamat IP dari router dengan baik dan apakah komputer sudah dapat terhubung ke internet.
3. Sambung komputer atau perangkat lain ke Router
Selanjutnya, kita bisa langsung menghubungkan komputer atau laptop dengan kabel ethernet melalui port LAN pada router. Atau juga bisa kita terhubung ke jaringan dengan wireless yang telah kita setting, pastikan nama SSID yang kita pilih sesuai dengan SSID yang ada pada router, beserta dengan password yang sudah kita buat sebelumnya.
4. Setel fitur keamanan pada jaringan
Agar dapat mengkonfigurasi fitur untuk keamanan jaringan serta menjaga sistem router agar aman dari para penyusup dan peretas yang tidak bertanggung jawab, kita dapat menggunakan fitur WPA2 Wireless Encryption. Lalu pastikan juga jika router sudah mendukung fitur WPA2.

Terakhir jika semua langkah telah selesai kita kerjakan, maka pada tahap selanjutnya yaitu menentukan titik posisi di mana router WiFi tersebut kita letakan. Pastikan kita menempatkan posisi router di tempat yang aman serta jauh dari segala hal yang dapat merusak router, seperti air, panas serta jangkauan dari laulintas orang.
jasa pasang wifi, jasa pasang wifi tembak, jasa pasang wifi kuningan, jasa instalasi wifi hotspot, jasa instalasi wireless, jasa instalasi wifi, jasa instalasi wireless point to point jakarta, jasa instalasi wireless point to point,

Demikianlah pembahasan dari JaringanKantor.com mengenai cara setting router internet dengan benar, semoga ilmu yang Kami berikan dapat bermanfaat dan berguna  untuk kalian semua.
Jika ada pertanyaan mengenai cara setting router atau wifi yang ingin ditanyakan silahkan comment di bawah postingan ini