Instalasi/ Pemasangan Jaringan Lan (part 2)

Setelah kamu membaca artikel part 1 tentang Instalasi/ Pemasangan jaringan LAN, ini adalah kelanjutannya
Jika anda yang terdorong untuk membuat sebuah jaringan LAN di rumah, dikantor, hotel atau tempat yang lain, kamu bisa mencontoh ulasan teknisi JaringanKantor.com  berikut ini tentang bagaimana caranya membangun sebuah jaringan LAN kamu sendiri.
Alat-alat
Untuk membuat sebuah jaringan LAN, diperlukankan beberapa alat-alat yang dibutuhkan di antaranya:


Setelah kamu sudah menyiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan, maka pada langkah selanjutnya kamu bisa mencontoh tahap-tahap  awal untuk mengambil langkah membuat sebuah jaringan berikut ini:
1. Bagian pertama terlebih dahulu buka kulit bagian luat dari kabel LAN sepanjang 2-3cm dengan menggunakan wire stripping tool jika tidak punya bisa menggunakan gunting atau pisau cutter lalu setelah terkelupas kemudian di luruskan kabel-kabel tersebut biasanya berwarna (strip orange, orange, strip biru, biru, strip hijau, hijau, strip coklat, coklat)  dan sesuaikan warna dengan tipe jaringan pada gambar dibawah ini.
jasa instalasi lan, jasa instalasi kabel lan, pasang lan jakarta, pasang lan depok, pemasangan lan, jasa pemasangan lan di jakarta, jasa pemasangan lan di jakarta,jasa pasang lan, jasa pasang kabel lan, jasa pasang jaringan lan, jasa pemasangan kabel lan, jasa pemasangan jaringan lan

Setelah sesuai dengan urutan yang diinginkan lalu potong bagian ujung kabel dengan menggunakan gunting atau crimping agar kabel tersebut menjadi rata serta memudahkan ketika kabel dimasukkan ke dalam konektor RJ45nya.
2. Setelah itu masukkan konektor RJ45nya kedalam slot/ port crimping lalu tekan sampai bawah.
3. Tipe pengkabelan di sini terbagi menjadi dua jenis seperti digambar, yakni

  • Jenis  Cross: biasanya difungsikan untuk PC to PC, Switch/Hub/Router to Switch/Hub/Router. Jenis ini biasanya digunakan oleh tipe device lama
  • Jenis Straight: biasanya difungsikan untuk jaringan yang menggunakan Switch/Hub/Router. Kebanyakan jenis ini sudah dipakai semua device pada sekarang ini

4. Setelah kamu melakukan crimping kabel secara benar lalu tusuk konektor kabel lan ke slot LAN card di komputer, dengan rangkaian satu ke PC dan rangkaian yang lain ke Switch hub. Setelah itu  lakukan pengaturan konfigurasi untuk Windows.
5. Buka Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center -> Change Adapter Setting, lalu Anda akan melihat tampilan yang menunjukkan jumlah jaringan yang kamu miliki.
6. Pilih Local Area Connection, lalu klik kanan dan klik Properties.
7. Setelah itu kamu akan mendapatkan tampilan baru yang berisi menu dari Properties. Cari menu Internet Protocol (TCP/IP), klik dua kali pada tab This connection uses the following items
8. Setelah itu kamu akan mendapatkan sebuah tampilan baru lagi, lalu centang poin ke dua Use the following IP address, dan masukkan IP Address kamu misalnya : 192.168.0.10 untuk komputer yang lain maka kamu tinggal merubah menjadi 192.168.0.11 dan seterusnya.
9. Setelah itu klik tombol OK dan kamu telah selesai membuat pengaturan tersebut.

IP Address juga bisa kamu pilih Obtain an IP address automatically dimana IP address akan diatur secara otomatis oleh system d komputer. Setelah cara tersebut kamu kerjakankan, maka kamu dapat melakukan tes koneksi pada komputer lain. kalau yang ingin kamu uji coba merupakan perangkat komputer kedua, maka kamu bisa mencoba tes dengan cara membuka menu Run dan masukkan ping 192.168.0.10 apabila kamu telah mensetting  secara benar, maka kamu akan terhubung dan dapat kamu coba untuk membuka sebuah halaman website di internet. Seandainya masih belum dapat terkoneksi, maka ada yang belum benar pada konfigurasi kamu, dan kamu dapat mencoba untuk mengulangi konfigurasi kembali atau bisa juga dengan merubah IP address menjadi otomatis.

Demikianlah ulasan bagimana caranya membangun sebuah jaringan lokal atau LAN yang bisa Anda praktekan kan sendiri di rumah kamu atau dikantor. Semoga tips yang JaringanKantor.com berikan ini dapat bermanfaat bagi kamu, selamat mencobanya !