Pemahaman & Category Jaringan LAN

Apakah sahabat jaka pernah mendengar kata LAN? Hmm.. pernah bang,LAN itu kabel yang buat menghubungkan computer ke computer lain kan bang.
Yap betul, tapi pengertian lebih jelasnya LAN yang merupakan kepanjangan dari (Local Area Network) adalah sebuah system penghubung pada komputer yang menghubungkan satu device ke device lain yang mempunyai cakupan wilayah jaringan tidak terlalu luas.
Maksudnya tidak terlalu luas tuh apa bang? Jadi di dalam pembangunan jaringan computer terdapat beberapa macam, diantaranya LAN,MAN,WAN,PAN,CAN.
Nah kualifikasi dan jangkauan nya pun pastinya berbeda, contoh LAN : hanya meliputi jaringan kantor, sekolah, rumah, atau satu gedung saja.
Sedangkan WAN tentunya berbeda, Dapat dikatakan WAN itu layaknya Internet yang tidak dimiliki oleh satu kelompok atau organisasi, karna cangkupan geografisnya pun bisa dibilang luas karna meliputi kota, Provinsi, Negara dan juga melewati benua.
Dapat dipastikan Jaringan WAN adalah jaringan komputer yang menggunakan konsep penyatuan jaringan LAN disatukan dengan MAN dari suatu instansi. Oleh karena itu biasanya jaringan WAN banyak dipakai oleh sebuah perusahaan yang memiliki skala multinasional, yang memang benar-benar membutuhkan jaringan ke luar daerah lainnya.
LAN juga pun sudah banyak berkembang, terutama perkembangan dari jaringan computer yang sudah banyak dipakai dan juga terwujudkan diberbagai kondisi.
Hadirnya penemuan LAN, menjadikan setiap komputer serta  perangkat keras jaringan lainnya dapat saling terkoneksi dalam sebuah ruang lingkup jaringan local. Apabila diibaratkan sebagai seorang siswa dalam institusi sekolah, maka konektivitas LAN merupakan kepala sekolah nya.
Nah penjelasan diatas kiranya dapat membantu pemahaman jaka friends untuk mengenal lebih jauh mengenai si LAN ini, namun bila jaka friends sedang ingin memasang jaringan LAN untuk keperluan pribadi ataupun instasi, kami team jaringankantor.com siap membantu kalian untuk memasang jaringan LAN yang rapih dan juga tahan lama, silahkan lihat price list kami jika kalian tertarik ya.

Oke untuk kharakter fisik kabel LAN,ia sangat identik sekali dengan kabel telepon, hanya saja yang membedakannya adalah ukuran yang lebih besar dan ketebalan kabel yang cukup tebal yang berfungsi untuk menghindari kerusakan yang timbul dari luar, mengingat kabel LAN seringkali terpasang pada ruang terbuka maupun berdebu.





A. Category Kabel LAN (UTP)

Selain mempunyai ketahanan yang mumpuni terhadap korosi dari luar, kabel LAN juga dapat mengirim serta menerima data maupun suara dengan sangat cepat, namun itu semua tergantung dari category atau jenis kabel yang digunakan.

category1 (cat1)

kabel category 1 dahulu kala digunakan untuk menghubungkan telepon analog, karna sesuai fungsinya yaitu untuk mengtransmisikan suara.

Category2 (cat2)

Kabel Category 2 memiliki kualitas transmisi yang lebih baik dibanding kabel LAN Category 1 karna kabel ini didesain untuk mendukung komunikasi baik data maupun suara digital. Cat 2 ini dapat menghantarkan data hingga 4 MB per detik.

Category3 (cat3)

Kabel Category 3  didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 MB per detik. Kabel Cat3 sudah memiliki upgrade yang lebih baik dari cat 2 sebelumnya, karena ia menggunakan kawat tembaga dalam konfigurasi 4 pasang kawat yang di plintir (twisted pair).
Namun entah mengapa kabel ini justru malah sering digunakan untuk kegiatan rendah seperti hanya menggantikan tugas kabel Cat2.
So sad.

Category4 (cat4)

Tidak ada yang special dari Kabel Category 4 desain yang mirip dengan cat 3 dan dilengkapi untuk mendukung komunikasi data dan suara hingga kecepatan 16 megabit per detik.
Dan untuk penggunaan nya pun juga tampak sama.
So sad.

Category5 (cat5)

jasa instalasi lan, jasa instalasi kabel lan, pasang lan jakarta, pasang lan depok, pemasangan lan, jasa pemasangan lan di jakarta, jasa pemasangan lan di jakarta,jasa pasang lan, jasa pasang kabel lan, jasa pasang jaringan lan, jasa pemasangan kabel lan, jasa pemasangan jaringan lan


Dan akhirnya terjadi lonjakan upgrade pada kabel LAN(utp) loncatan itu bernama Cat 5 yang bisa dibilang kabel dengan kualifikasi pengantar yang jauh lebih sangar dibandingkan kabel Category 4, karna cat 5 mendukung komunikasi data serta suara pada kecepatan hingga 100 megabit per detik.

Kabel Cat5 dapat mendukung jaringan Gigabit Etheret 1000 BaseT. Kabel cat 5 ini sangatlah popular dan banyak digunakan oleh perusahaan dan kantoran yang ingin membuat jaringan computer di tempat kerja mereka.

Ya admin kira cukup pembahasan kita mengenai LAN dan berbagai category nya, padahal masih banyak category yang harus di bahas, tapi admin rasa kita perlu mengahiri pertemuan singkat kita, semoga artikel yang telah admin buat dapat bermanfaat ya jaka.