Sistem Kerja Wi-Fi

Cara Kerja Wi-Fi

Teknologi jaringan Wi-Fi beroperasi dengan memanfaatkan Gelombang radio dengan memakai wireless LAN dari perangkat komputer, router dari nirkabel memainkan sebuah  peran penting pada system kerja WiFi. Device ini menerima data dari perangkat computer di dalam bentuk digital. Lalu setelah sinyal data di transformasikan kedalam bentuk sebuah gelombang radio lalu dikirim ke router melalui sebuah antenna dan sinyal decode Router mengirimkannya kepada Internet. Lalu proses ini akan dikembalikan saat informasi yang dikirimkan dari internet kepada komputer.

jasa pemasangan jaringan wifi, jasa pemasangan wifi, jasa instalasi wifi, jasa instalasi wifi hotspot, jasa instalasi wireless point to point, jasa instalasi wireless, jasa setting access point, jasa setting wifi jakarta, jasa setting router, jasa instalasi server


Karena jaringan nirkabel ini merupakan jaringan yang dua-arah, sinyal data yang diterima dari jaringan internet juga akan melintasi router . Tujuannya adalah untuk disandikan ke dalam sebuah bentuk sinyal radio, yang akan disambut oleh perangkat device nirkabel pada sebuah komputer.
Radius jangkauan sebuah router WiFi atau Hotspot WiFi di dalam sebuah ruangan adalah sekitar 30m2 akan tetapi dapat lebih luas lagi seandainya di luar ruangan. Pada umumnya, kecepatan koneksi juga sangat bergantung pada jarak dekat perangkat penerima dengan sumber pemancar sinyal radionya. Koneksi WiFi akan meningkat jika perangkat user pengguna berada di dekat dengan router atau titik hotspotnya. Namun sebaliknya, koneksi sinyal WiFi akan semakin lamban apabila berada di tempat yang jauh dari sumber pemancar sinyalnya.

Perbedaan antara frekuensi radio yang dikirim oleh sinyal Wi-Fi dengan yang dikirim oleh sinyal walkie-talkie dan sinyal ponsel adalah sinyal Wi-Fi sudah menggunakan saluran frekuensi yang tinggi dari 2,4 GHz atau 5 GHz. Teknologi Wi-Fi beroperasi pada platform standar jaringan IEEE 802,11. Di aplikasikan oleh Komite Standar IEEE Wireless LAN, WAN, standar jaringan 802,11 yang memiliki bentuk berbeda seperti 802.11a, 802.11b 802.11g dan 802.11n.

Kelebihan dari Wi-Fi yaitu kemudahan akses. Maksudnya, para pengguna dalam jumlah banyak disuatu area dapat mengakses Internet secara bersama-sama tanpa perlu direpotkan dengan kabel.
Para pengguna yang ingin melakukan mencari informasi atau browsing berita dan di Internet, cukup dengan membawa PDA ( pocket digital assistance ), Handphone atau laptop yang terdapat sinyal penerima Wi-Fi ke tempat dimana terdapat perangkat access point atau hotspot.

Sedangkan kekurangan dari Wi-Fi yaitu mudah untuk dihacking oleh para hacker untuk mencuri password pengguna Wi-Fi, atau mencuri data pribadi yang terhubung kedalam satu jaringan.
Demikianlah pengertian cara kerja, kelebihan dan kekurangan Wifi yang selama ini telah digunakan oleh banyak orang.
Jika ada pertanyaan silahkan comment dibawah artikel ini atau bisa email ke info@jaringankantor.com